Twitter
++ Jangan hanya dilihat , tetapi di "BACA" . Jangan Asal cepat ++

SEJARAH GUNUNG KRAKATAU

Author Golden Rayerz - -
Home » SEJARAH GUNUNG KRAKATAU


Sobat pasti pernah dengar atau bahkan sudah pernah melihat langsung lokasi Gunung Krakatau, yang saat ini Gunung Anak Krakatau dalam status waspada, bagaimana sejarahnya, langsung qta ke TKP...
 Gunung Krakatau terletak di perairan Selat Sunda, yaitu perairan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.
Posisi tepatnya adalah 6' LS dan 105' BT. Pernah meletus pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Menjadikan bencana alam ini dari letusan gunung menjadi letusan gunung pertama yang terdahsyat yang sudah dapat terekam dalam sejarah dan masuk dalam guiness book record sebagai ledakan terdahsyat.
Letusan gunung atau lebih tepatnya ledakan yang mengakibatkan 2/3 bagian kerucut gunung ini terpencar dan membuat kawah sebesar 7 km dan sedalam 250 m, menewaskan 36 ribu jiwa, mengakibatkan tsunami dahsyat dengan ketinggian air laut 40 m, suara ledakannya terdengar sampai 4600 km dari pusat ledakan, dan akibat letusannya itu menyebabkan selama 2 hari dunia menjadi gelap karena debu vulkanisnya yang mencapai ketinggian 80 km menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya, bahkan hamparan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.
Ngeri banget ya sob klo qta mencoba membayangkan dan merasakan bagaimana umat manusia saat itu. Bahkan hamburan materialnya berjatuhan di Pulau Sumatera dan Jawa dan sebagian materialnya sampai di dataran Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia baru. Ya Alloh benar2 dahsyat kekuatan-Mu. Diperkirakan daya ledak letusan gunung Krakatau ini adalah setara dengan 30.000 kalinya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki itu. Wah, benar-benar dahsyat banget ya sob....
Jadi dalam sejarahnya yang sempat tertuliskan dalam teks Jawa Kuno berjudul Pustaka Raja Parwa, sebelum gunung krakatau ini terbentuk yaitu ada gunung Krakatau Purba. Perlu diketahui kepulauan krakatau ini adalah kepulauan aktif yang setiap hari, bulan dan tahun selalu bertambah ketinggiannya karena ada dorongan vulkanis dari dalam bumi sampai sekarang.
Gunung Krakatau Purba yang merupakan induk dari gunung krakatau ini mempunyai lingkar pantai sepanjang 11 km dengan tinggi mencapai 2 km di atas permukaan laut. Tidak ada sumber yang bisa menyebutkan kapan Gunung Krakatau Purba ini meletus tapi akibat dari letusan ini tercipta 3 gunung kecil saat itu yang merupakan bagian tepi dari Gunung Krakatau Purba yang meletus dengan menghancurkan 2/3 dari bagian kerucutnya. Dan dampak lainnya tercipta badai dan banjir besar yang menyebabkan terpisahnya pulau Jawa dan Sumatera.
Kemudian setelah itu, karena masih merupakan kepulauan aktif, maka dari salah satu pulau yaitu pulau Rakata (lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini) membentuk gunung bergabung dengan gunung dawan dan gunung perbuwatan menjadi  gunung Krakatau, dan meletus pada tahun 1883 yang juga menghancurkan 2/3 bagian kerucutnya.

 Dan setelah itu muncullah Gunung baru yang dinamakan Anak Krakatau, tepatnya pada tahun 1927. Ditemukan para nelayan yang sedang melaut yang sehari sebelumnya terlihat benda asing tersebut yang sekarang dinamakan Gunung Anak Krakatau yang terletak di bekas letusan Gunung Krakatau ditandai dengan kepulan asap hitam. Dan pada tahun 1929 sudah seperti ini dan sekarang sudah setinggi 200 meter dpl. Dan saat ini level aktifitasnya sudah ditetapkan dalam level waspada. Apakah Gunung Anak Krakatau akan meletus? Hanya Alloh yang tahu sobat ^_^

Silahkan Beri Komentar anda

Apa Komentar Anda ?

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Share It